Cegah Anemia, Berikut Makanan Penambah Darah Saat Haid

Makanan Penambah Darah Saat Haid

Makanan penambah darah perlu dikonsumsi oleh masyarakat terutama bagi mereka yang mengalami anemia yang sering muncul. Anemia sendiri merupakan suatu kondisi dimana tubuh anda akan kekurangan sel darah merah sehat. Hal ini mengakibatkan, organ yang terdapat didalam tubuh anda tidak mendapatkan oksigen yang cukup.

Anemia ini sendiri ternyata bisa berlangsung dalam jangka waktu sementara dan dalam jangka panjang. Untuk tingkat keparahannya sendiri bisa ringan hingga berat. Adapun orang dewasa bisa dikatakan menderita anemia apabila kadar darah merah yang terdapat pada tubuh dibawah 14 gram per desiliter untuk laki-laki. Sedangkan untuk pria sendiri dibawa 12 gram.

Alami anemia? Ini makanan penambah darah terbaik

Adapun beberapa penyebab dari anemia ini merupakan produksi sel darah merah yang kurang, kehilangan darah secara berlebihan hingga hancurnya sel darah merah dengan cepat. Bukan hanya itu saja, anemia ini juga bisa diakibatkan karena adanya penyakit yang serius. Adapun gejala penderita anemia sendiri adalah akan mudah merasa lemas, sakit kepala dan pusing, kulit pucat dan napas yang pendek.

Untuk anda yang ingin terhindar dari kurang darah akibat haid, maka kami mempunyai beberapa rekomendasi makanan penambah darah  yang bisa anda konsumsi :

  1. Bayam

Siapa yang tidak kenal dengan sayuran ini? Sayuran ini sendiri memang banyak digemari oleh masyarakat karena mempunyai segudang manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Ada banyak nutrisi memang yang terdapat pada bayam. Salah satunya adalah adanya kandungan vitamin C dan zat besi yang cukup tinggi. Dimana kedua kandungan ini bisa meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh.

  1. Daging merah

Zat besi sendiri ternyata juga bisa anda temukan didalam daging merah. Inilah mengapa, biasanya pasien anemia juga akan disarankan untuk mengkonsumsi daging merah untuk meningkatkan kadar darah merah dalam tubuh. Zat besi yang terdapat dalam daging merah ini sendiri merupakan jenis zat besi heme. Selain itu, daging merah juga punya nutrisi yang baik lainnya.

  1. Biji labu

Biji labu yang biasanya sering diolah menjadi kuaci juga menjadi salah satu makanan penambah darah yang bisa anda konsumsi. Didalam 28 gram biji labu sendiri ternyata mempunyai kandungan 4,2 mg zat besi. Bukan hanya zat besi, biji labu ini pun ternyata juga mempunyai kandungan berupa vitamin K, mangan serta seng.

  1. Buah bit

Buah yang mempunyai warna merah ini ternyata juga bisa menjadi pilihan yang terbaik untuk anda yang ingin meningkatkan darah merah dalam tubuh. Pasalnya buah bit ini mempunyai kandungan berupa zat besi dan asam folat yang cukup tinggi. Tetapi, perlu anda ketahui jika buah ini punya aroma yang khas.

Anemia ketika haid ternyata memang sering terjadi pada seseorang. Kondisi seperti ini pasti akan mengganggu anda bukan? Untuk itulah, anda wajib mengetahui makanan penambah darah saat haid.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *