Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android

Foto yang secara tak sengaja terhapus di smartphone bisa membuat kepala pusing, apalagi kalau foto yang terhapus menyimpan memori istimewa. Jika kamu mengalami hal ini, jangan panik; sebab ada beberapa cara mengembalikan foto yang terhapus di Android.

Foto yang terhapus secara tak sengaja bisa terjadi karena banyak penyebab, bisa saja karena kamu sedang melakukan bersih-bersih rutin untuk membuat memori internal sedikit lebih lega agar aplikasi atau game baru bisa diinstal.

Selain cara mengembalikan atau restore foto, kami juga akan memberi info seputar cara backup foto yang ada di memori smartphone, agar kejadian ini tidak terulang kembali di kemudian hari.

Cara restore foto yang terhapus secara tidak sengaja

Simpan foto di SD Card terbaik

Satu aplikasi yang kami rekomendasikan untuk melakukan restorasi foto yang tehapus di Android adalah DiskDigger. Aplikasi ini dapat kamu instal secara cuma-cuma alias gratis, dengan fitur dasar yang efektif untuk mengembalikan foto yang terhapus di android.

Pertama kalian bisa menggunakan Aplikasi DiskDigger, tapi ini hanya bisa digunakan jika ponsel Android sudah di root. Jadi kalau ponsel kalian belum di root aplikasi ini tidak dapat bekerja secara maksimal yang mampu melakukan pemindaian secara “terbatas”. Jika kebetulan ponsel yang sudah di root langsung saja kalian bisa unduh aplikasinya di Play Store linknya akan kami sertakan di bawah ini.

Cara Menggunakan DiskDigger 

  • Pertama Unduh aplikasi DiskDigger di Playstore dan install
  • JIka diminta akses root, klik saja ijinkan
  • Nantinya akan ada peringatan “upgrade to pro” sebaiknya abaikan dengan memilih “no Thanks”. Kalian boleh mengupgradenya jika memiliki budget 😀
  • Setelah itu cari folder yang berisi file yang terhapus. Ini bisa untuk memori internal maupun eksternal
  • Tentukan format dan tekan OK.
  • Selanjutnya aplikasi DiskDigger akan melakukan scan file yang bisa dikembalikan.
  • Jika sudah selesai, akan ada beberapa file yang ditampilkan, setelah itu pilih file yang ingin dikembalikan
  • Kemudian save dan selesai.

DiskDigger memiliki tampilan antarmuka (UI) bertema Material Design yang apik dan intuitif untuk dinavigasi, juga memiliki iklan yang tidak mengganggu (banner non-fullscreen), sehingga kamu bisa menjamin pengalaman menggunakan aplikasi ini tidak akan membuat iritasi visual karena iklan-iklan fullscreen.

Kelebihan lain dari DiskDigger adalah dapat digunakan tanpa harus root, jadi aplikasi ini dapat digunakan untuk pengguna awam sekalipun. Setelah kamu berhasil mengembalikan foto menggunakan DiskDigger, pastikan kamu mem-backup foto tadi dengan cara berikut ini:

Cara backup foto dengan Google Photos

Oke, foto-foto kamu sudah kembali berkat aplikasi DiskDigger. Saatnya mencadangkan foto tadi supaya tidak terhapus kembali secara tidak sengaja. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi Google Photos yang menjadi aplikasi bawaan di banyak smartphone Android.

Caranya:

Buka aplikasi Google Photos > Settings > Back up & sync

Pada bagian Backup Account, pastikan kamu sudah masuk ke akun Google. Jika belum, kamu bisa sign-in di tahap ini.

Setelah itu, klik opsi Back up device folders > pilih folder yang ingin kamu cadangkan, pastikan untuk memilih folder penting sebagai pencegahan foto terhapus di kemudian hari. Pada opsi Upload size, kamu bisa memilih kualitas foto yang dicadangkan, direkomendasikan untuk memilih opsi High quality sebab tidak akan mengonsumsi kapasitas Google Drive kamu.

Backup lebih banyak di HDD eksternal

Begitulah tadi cara mengembalikan atau restore foto di smartphone Android, juga cara mencadangkan atau backup foto di Google Photos sebagai pencegahan di kemudian hari.

Jika kamu tipe pengguna yang mengutamakan penyimpanan foto secara offline, maka sangat direkomendasikan untuk memiliki kartu memori atau SD Card ekstra untuk memisahkan penyimpanan foto dan berkas lain.

Cara mengembalikan foto yang terhapus di android tentu tidak gampang karena diperlukan waktu yang tidak sebentar. Aplikasi diatas sudah saya uji dan layak digunakan bahkan untuk orang awam sekalipun. Aplikasi diatas bisa langsung di download di Play Store dan dipasang di android masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *