Apa Itu Arus Pendek dan Penyebab Terjadinya Arus Pendek?

arus pendek

Apa Itu Arus Pendek?

Arus Pendek atau yang disebut juga dengan Korsleting listrik adalah di mana terjadinya suatu hubungan pendek dengan tahanan listrik yang sangat kecil sehingga mengakibatkan suatu aliran listrik yang sangat besar.

Bila terjadi sebuah hubungan singkat, arus yang berlebihan dapat mengalir karena tidak dihalangi oleh suatu hambatan dan juga akan menyebabkan suatu ledakan. Bersentuhannya konduktor yang bermuatan positif dan juga negative itulah yang menimbulkan suatu aliran Arus Pendek sehingga mengeluarkan percikan api dari kabel, stop kontak atau bahkan bisa menyebabkan kwh meternya yang akan meledak.

Beberapa buku memiliki definisi tersendiri tetapi pada kesimpulannya tetap sama. Listrik yang mengalir pada sebuah sistem yang tertutup dengan tambahan listrik yang sangat kecil, ingat semakin kecil tahanan maka akan semakin besar arus listrik yang akan mengalir yang jika tidak segera ditangani akan mengakibatkan terjadinya suatu kebakaran.

Penyebab Terjadi Arus Pendek?

Bagaimana cara kerja dan penyebab Arus Pendek atau yang disebut juga korsleting listrik? Ketika ini terjadi kamu akan melihat sebuah percikan api dan aroma yang terbakar. Instalasi listrik dirumah terdiri banyak kabel yang saling berhubungan dan membentuk sebuah sistem yang tertutup. Maksudnya adalah aliran listrik terus berputar dari satu tempat ke tempat yang lainnya dalam tegangan dan arus yang seimbang.

Dalam rangkaian yang terdiri dari kabel besar yang berisi beberapa kabel kecil terpisah. Masing masing mengaliri sebuah subsistem. Jika terdapat suatu rangkaian listrik terlepas penghantarnya lalu bertemu di tengah jalan, maka akan terjadinya hubungan arus pendek. Kejadian ini akan mengacaukan seluruh rangkaian yang telah terhubung singkat. Kejadian yang satu ini akan berakibatkan dua hal yakni jika terdapat pengaman berupa sekring/ MCB yang sesuai maka listrik akan padam atau akan terjadi panas lebih berlebih pada kabel yang terhubung singkat sehingga memancing timbulnya kebakaran.

Berikut ini ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya arus pendek/ korsleting listrik yang umum terjadi.

1. Terdapat peralatan listrik yang terjadi hubungan singkat bisa karena rusak atau kemasukan hewan seperti tikus atau cicak.

2. Stop kontak atau dudukan lampu yang kemasukan air misalnya karena kamu tidak sengaja menumpahkan air ke sebuah stop kontak sehingga terjadinya arus listrik.

3. Kabel instalasi yang sudah keropos pada isolator sehingga pada saat isolator terlepas dari kabel phasa dan netral akan menyebabkan korsleting.

4. Kabel instalasi listrik yang sudah rusak bisanya juga bisa disebabkan oleh gigitan hewan seperti gigitan tikus dan hewan yang lainnya.

5. Penggunaan kabel listrik yang kecil juga bisa penyebab terjadinya korsleting listrik karena kabel dengan ukuran kecil lebih cepat panas jika dialiri arus yang besar.

6. Instalasi listrik yang tidak standar rentan terhadap gangguan kelistrikan salah satunya korsleting listrik.

Kebanyakan orang beranggapan sepele terhadap urusan instalasi listrik yang kurang aman dan juga ada akhirnya pada saat kebakaran akibat arus pendek listrik terjadi hanya akan menyesal. Untuk itu ada baiknya walaupun kamu orang yang termasuk awam terhadap seluk beluk dunia kelistrikan. Ya setidaknya harus tetap tahu beberapa tips bagaimana cara mencegah korsleting listrik.

Nah, bagi kamu yang khususnya memang benar benar awam terhadap perihal dunia kelistrikan dan setelah kamu membaca dan mengetahui beberapa hal diatas ya tetap saja kamu jangan terlalu percaya ingin memperbaiki jika ada terjadi suatu kendala listrik di dalam rumahmu, karena tetap harus ditangani yang ahlinya seperti kamu meminta bantuan kepada PLN untuk memperbaiki kendala yang sedang terjadi di rumahmu. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *