7 Tips Kecantikan Viral yang Sebaiknya Anda Hindari

Tips Kecantikan Viral yang Sebaiknya Kamu Hindari

Tidak semua informasi yang Anda dapatkan di internet bisa dipercaya. Termasuk tentang tips kecantikan yang bisa Anda temukan di berbagai sosial media. Sebelum Anda mencobanya, Anda harus melakukan sedikit riset untuk mengetahui efek samping atau bagaimana sebenarnya tips tersebut bekerja pada tubuh Anda.

Nah, berikut ini kami akan memberikan beberapa tips kecantikan yang sempat viral namun tidak layak untuk Anda coba. Simak dibawah ini!

1. Menghilangkan blackheads dengan dental floss

Seorang beauty vlogger yang bernama Sukhi Mann pernah membuat heboh dunia internet dengan tips menghilangkan blackheads yang dibuatnya. Ia menggunakan sebuah handuk yang panas, dental floss, dan obat kumur sebagai tahapan untuk menghilangkan blackheads.

Cara ini tidak direkomendasikan untuk ditiru karena bisa menyebabkan kulit terkikis serta membuat pembuluh darah pecah. Selain itu mengoleskan obat kumur pada kulit wajah akan membuat kulit Anda menjadi lebih kering.

2. Mencerahkan wajah dengan lemon

Mungkin Anda sering membaca atau melihat tips dalam mencerahkan kulit dengan menggunakan lemon. Tetapi, tips ini sebaiknya tidak Anda coba. Pada dasarnya, kulit wajah memiliki besar pH alami 4 atau 5 sedangkan lemon memiliki besaran pH alami hanya 2. Maka dari itu, keadaan pH kulit tidak akan seimbang jika ditambah dengan kondisi kulit akan lebih berminyak serta kehilangan skin barrier.

3. Menggunakan tepung jagung agar complexion bertahan lebih lama

Tidak sedikit beauty blogger yang mencoba berbagai produk-produk aneh pada kulit wajah mereka. Termasuk dalam menggunakan tepung jagung supaya produk dari complexion lebih tahan lama. Tips kecantikan yang satu ini sebaiknya tidak Anda ikuti, sebab produk makanan tidak dibuat untuk digunakan pada kulit wajah. Bahkan pada sebagian orang, melakukan hal seperti ini bisa menimbulkan reaksi alergi.

4. Menggunakan baking soda untuk eksfoliasi

Baking soda bisa mempengaruhi tingkat pH kulit wajah Anda. Kulit wajah secara alami memiliki sifat asam sedangkan baking soda memiliki sifat yang sangat basa sehingga mengganggu keseimbangan pH kulit jika Anda melakukan tips ini. Bila Anda melakukan hal ini, kulit Anda akan lebih rentan terhadap berjerawat, iritasi, serta infeksi. Bahkan efek yang akan terjadi akan lebih buruk bila Anda mencampur baking soda dengan lemon.

5. Menggunakan hairspray sebagai setting spray

Penggunaan hairspray pada wajah sempat diperbincangkan banyak orang untuk membantu dalam menahan makeup dan menyamarkan pori-pori pada wajah. Padahal tips kecantikan ini jelas sangat berbahaya karena hairspray diperuntukkan bagian rambut bukan untuk wajah. Komponen yang terdapat di dalam hairspray justru bisa menyebabkan iritasi pada kulit serta ruam di wajah Anda. Di samping itu pori-pori kulit wajah akan tersumbat dan jadi kering akibat dari kandungan alkohol yang ada di dalamnya.

6. Menggunakan rempah untuk mendapat efek plump di bibir

Bibir yang plump dan tebal seperti Kylie Jenner memang menjadi idaman bagi sebagian perempuan. Tetapi, menggunakan kayu manis atau cabai sebagai cara cepat untuk mendapatkan bibir yang tebal sama sekali tidak disarankan. Hal ini justru bisa membuat kulit Anda menjadi bengkak serta meradang, bahkan reaksi alergi. Risiko tersebut bisa lebih berbahaya bila Anda memiliki kulit yang sensitif.

7. Membuat peel-off mask dari lem

Melihat efek masker yang bisa mengelupas pada kulit wajah memang menimbulkan kepuasan tersendiri bagi para penggunanya. Tetapi, dengan menggunakan lem sebagai bahan dari masker yang Anda buat di rumah bukanlah hal yang patut untuk dicoba. Hal ini bisa berisiko merobek kulit Anda serta bulu-bulu halus yang terdapat pada wajah. Bahkan bila dilakukan terus menerus, tips yang satu ini bisa menyebabkan hiperpigmentasi, peradangan, dan infeksi pada kulit wajah.

Nah, itulah fakta di balik beberapa tips kecantikan yang malah tidak aman diterapkan untuk kesehatan kulit. Pastikan Anda selalu berhati-hati dalam merawat kulit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *